Kamis, 03 Desember 2009

Gua Tabuhan


Asal Mula Gua Tabuhan


Pada zaman dahulu kala, pada waktu perang Diponegoro dimulai ada seorang tokoh pejuang yang bernama Sentot Prawirodirjo. Dia ingin menyendiri, orang itu masuk kedalam gua yang dianggap masyarakat angker dan menyeramkan. Orang itu menelusuri gua yang gelap sampai pada terowongan kecil, dan ternyata terowongan itu pintu masuk ruang kedua yang gelap sekali, setelah menelusuri ruangan kedua terdapat lubang. Lubang itu memuat satu orang yang agak keatas dari lantai gua. Disitulah Sentot Prawiradirdjo menyendiri atau bersemedi, digua itu terdapat sendang, dan sendang itu digunakan untuk kebutuhan selama bertahun-tahun. Didalam gua itu diatas lantai gua terdapat salaktif yang membentuk terowongan, disitulah tempat menyembunyikan senjatanya. Pada suatu malam diruang pertama terdengar suara tabuhan yang ada 4 jenis tabuhan antara lain suara besar, suara setengah besar, suara kecil, dan suara kecil sendiri, karena terkejut, orang-orang yang bersemedi itu keluar dari ruang kedua, ternyata tidak ada apa-apa hanya ada suara gemurung dari balik salaktit yang agak besar. Kemudian ia mengambil batu lalu memukulkannya, ternyata batu itu bersuara seperti gamelan kemudian gua itu disebut Gua Tabuhan, dan keajaiban dunia Gua Tabuhan sampai sekarang masih ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar